Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VTP : Pengertian, Macam Mode VTP, dan Keuntungan

VTP
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Di Postingan kali ini saya akan menjelaskan suatu metode VTP.

A. Pendahuluan

1. Pengertian
   VTP (Virtual Trunking Protocol) adalah suatu protokol untuk mengenalkan suatu VLAN yang telah ada agar dapat berkomunikasi dengan jaringan.

2. Latar belakang
    Mempelajari tentang VTP dalam suatu jaringan

3. Maksud dan Tujuan
    Dapat memahami penggunaan mode VTP di jaringan

B. Jangka Waktu Pelaksanaan

    1 Hari

C. Penjelasan

     VTP merupakan fitur Layer 2 yang terdapat pada jajaran switch Cisco Catalyst, yang sangat berguna dalam lingkungan switch skala besar.
      VTP sangat membantu dalam suatu penggunaan VLAN, jika semisal ada tiga buah switch dengan masing-masing 5 PC. Jika kita ingin menggunakan VLAN kita harus mengkonfigurasi satu per satu pada setiap pc yang ada.dan itu cukup merepotkan jika terdapat banyak PC.
Namun jika menggunakan mode VTP kita cukup mengkonfigurasi salah satu switch sebagai mode server, dengan begitu kita hanya mengkonfigurasi pada satu switch saja. Dan menempatkan salah satu switch lainnya sebagai mode client agar si switch itu dapat menerima VLAN yang ada di switch server. Jadi secara otomatis VLAN itu dibroadcast kepada switch yang bertindak sebagai mode client.

Adapun beberapa mode dalam VTP yaitu :

  1. Mode Server, adalah mode default untuk semua switch catalyst,artinya dalam satu domain membutuhkan minimal satu VTP server yang bertindak menyebarkan informasi VLAN keseluruh switch dalam satu domain.
  2. Mode Client, adalah mode yang hanya bisa menerima informasi VLAN dari VTP server, si VTP client ini tidak diperbolehkan mengubah atau menghapus VLAN manapun.
  3. Mode Transparent, mode ini tidak berpartisipasi dalam VTP, di mode ini hanya sebagai pintu masuk untuk menuju ke mode client. Jika terdapat VLAN yang sama antara server dan client maka mode ini akan meneruskan informasi ke client (succesfull). Namun jika tidak sama maka akan terjadi failed dalam suatu koneksi.

Keuntungan menggunakan VTP:

  1. Konfigurasi VLAN yang lebih stabil di semua switch di network
  2. Pengiriman VLAN terjadi hanya di trunk port
  3. Tracking dan monitoring VLAN yang akurat

D. Kesimpulan

Menggunakan VTP lebih memudahkan kita dalam menyebarkan informasi VLAN di suatu jaringan.

E. Referensi

     http://imchunkz.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-vtp-virtual-trunking-protocol.html

Semoga bermanfaat ya :)
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Post a Comment for "VTP : Pengertian, Macam Mode VTP, dan Keuntungan"

'