Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan Nextcloud sebagai penyimpanan


Nextcloud
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Di postingan kali ini saya akan memberikan sedikit materi tentang salah satu cms yang berfungsi sebagai penyimpanan yaitu nextcloud.

A. Pendahuluan

1. Pengertian
Nextcloud adalah perangkat lunak server klien untuk membuat dan menggunakan layanan file hosting .

2. Latar Belakang
Ingin Memahami tentang nextcloud.

3. Maksud dan Tujuan
Dapat membuat penyimpanan di cloud.

B. Jangka Waktu Pelaksanaan

1 Hari

C. Pembahasan

Nextcloud dibangun oleh salah satu pendiri dari perusahaan pendahulu Nextcloud, yaitu Frank Karlitschek yang mana proyek nextcloud ini adalah usaha dari Frank Karlitschek bersama tim untuk membangun kembali sebuah aplikasi Cloud Storage setelah kandasnya proyek sejenis terdahulunya, yaitu ownCloud yang (konon) harus karam karena masalah internal.

Kelebihan Nextcloud :

  1. Dapat Diakses oleh banyak Device ataupun system operasi
    Kamu dapat mengakses semua file yang kamu upload di Nextcloud oleh bermacam-macam perangkat (device) seperti PC Dekstop ataupun Smartphone. Nextcloud juga dapat disinkronkan dengan baik pada system operasi Windows, Linux, Mac, dan bahkan Android dan Ios.

  2. Bagikan filemu kepada temanmu
    Nextcloud memberikan fitur dimana kamu bisa mebagikan file yang sudah diupload kepada pengguna lain dalam satu jaringan. Dengan fitur ini, sharing file bisa dilakukan dengan jauh lebih efektif daripada dengan cara lawas seperti dengan menggunakan flashdisk misalnya.

  3. Kemamanan yang terus ditingkatkan
    Nextcloud rajin dalam melakukan update keamaanan dan bug, hal ini membuat kamu tidak perlu risau apabila menempatkan Nextcloud pada sebuah perusahaan.

  4. Pelacakan aktifitas
    Pengguna Dapat melacak aktifitas-aktifitas apa saja yang sudah terjadi pada akun Nextcloud-nya seperti aktifitas upload, download, rename, dsb. Hal ini membuat pengguna dapat memantau apabila datanya dirubah oleh orang lain.

  5. Pemantauan Server oleh Admin
    Admin dapat memantau kesehatan dan kinerja dari aplikasi nextcloud yang dijalankan dengan grafis UI yang modern dan menarik.

  6. Video Call dan Audio Call dengan aman
    Nextcloud memberikan fitur video Call yang dapat dilakukan menggunakan web browser saja. Semua aktifitas videocall teresnikripsi dan aman.
  7. Puluhan modul yang bisa ditambahkan
    Nextcloud menyediakan banyak Modul (Apps) yang bisa dipasang. Contoh modul yang diperuntukan untuk User adalah Ebook Reader, Music Player, Manajemen Password, Task manager, dll.

D. Kesimpulan

Nextcloud dapat digunakan untuk menyimpan file, nextcloud mudah diinstal dan di gunakan.

E. Referensi

Wikipedia

Semoga bermanfaat ya :)
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Post a Comment for "Pengenalan Nextcloud sebagai penyimpanan"

'