Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Kelebihan Wordpress

Wordpress
Assalamu'alaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan

1. Pengertian
WordPress adalah sistem manajemen konten sumber terbuka dan gratis (CMS) berdasarkan PHP dan MySQL . Agar berfungsi, WordPress harus diinstal pada server web , yang akan menjadi bagian dari layanan hosting internet atau host jaringan dalam dirinya sendiri.

2. Latar Belakang
Ingin belajar memahami wordpress.
 
3. Maksud dan Tujuan
Agar bisa menggunakan wordpress untuk menulis sebuah postingan.

B. Jangka Waktu Pelaksanaan

1 Hari

C. Pembahasan

WordPress memiliki sistem template web menggunakan prosesor template . Arsitekturnya adalah pengontrol depan , mengarahkan semua permintaan untuk URI non-statis ke satu file PHP yang mengurai URI dan mengidentifikasi halaman target. Ini memungkinkan dukungan untuk permalink yang lebih mudah dibaca manusia. WordPress dirilis pada tanggal 27 Mei 2003, oleh pendirinya, Matt Mullenweg dan Mike Little , sebagai garpu b2 / cafelog . WordPress dirilis di bawah lisensi GPLv2 (atau yang lebih baru).

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Keunggulan Wordpress :

  • Pengoperasiannya mudah.
  • Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user).
  • Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang.

D. Kesimpulan

Wordpress layaknya sebuah blog situs yang hampir sama kemampuannya dengan blogger, namun memiliki hosting domain tersendiri.

E. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress

Semoga bermanfaat ya :)
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Post a Comment for "Pengertian dan Kelebihan Wordpress"

'