Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah dan Komponen Utama Pada SKSO (Sistem Komunikasi Serat Optik)

SKSO

A. Sejarah Teknlogi Serat Optik

Pada awalnya sistem telekomunikasi dengan menggunakan cahaya yaitu untuk mengirimkan kode semaphore dengan cermin pada tahun sekitar 1790 oleh Insinyur Perancis Caude Chappe. Kemudian pada tahun 1929 oleh seorang sarjana kedokteran Jerman bernama Heinrich Lamm menemukan cara penyaluran cahaya melalui serat kaca untuk mentransmisikan bayangan gambar tubuh manusia melalui televisi.

Setelah perang dunia ke II pada tahun 1960 an, serat optik digunakan sebagai sarana media telekomunikasi dan berkembang pesat setelah ditemukan teknologi digital atau PCM.

Awal dari teknologi serat optik pada tahun 1989 digunakan untuk jaringan Telepon Digital Sambungan Jarak Jauh atau jaringan backbone oleh PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA yang menghubungkan kota Jakarta - Bandung - Semarang - Surabaya.   

B. Komponen Utama SKSO

Komponen yang digunakan pada SKSO dapat dibedakan menjadi dua kategori :
1. Komponen Passive, yaitu komponen yang tidak memerlukan daya listrik agar berfungsi. Yang termasuk dalam komponen ini adalah :      
  • Kabel serat optik yang tidak memerlukan catuan daya listrik.
  • Konektor penghubung dan kelengkapannya.
  • Splitter, adalah komponen yang berfungsi untuk memecah sinyal dari satu jalur menjadi beberapa jalur serat optik.
  • Coupler, hampir mirip dengan splitter, namun komponen ini berfungsi sebagai pembagi sinyal optik dengan berbeda panjang gelombang.
  • Optical Attenuator, komponen yang berfungsi meredam daya sinyal optik.
2. Komponen Aktive, yaitu komponen yang memerlukan catuan daya listrik agar berfungsi. Yang termasuk dalam komponen ini adalah :
  • Optical Transmitter, adalah alat pemancar sinyal optik, yang mempunyai fungsi merubah sinyal elektrik menjadi cahaya.
  • Receive Optical, adalah komponen aktif yang mempunyai fungsi menerima sinyal optik/ cahaya dan merubah atau mengkonversi menjadi sinyal elektrik 1 dan 0 atau menjadi sinyal elektrik digital.
  • Optical Ampifier, komponen yang berfungsi untuk memperkuat daya atau level power sinyal yang sudah lemah dan mensinkronkan kembali waktu dari periode pulsa sinyal cahaya.
Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "Sejarah dan Komponen Utama Pada SKSO (Sistem Komunikasi Serat Optik)"

'