Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Sejarah Internet

Sejarah Internet
Assalamu'alaikum Wr.wb

A. Pendahuluan

Hai Kawan, kali ini di postingan saya akan menjelaskan tentang apa itu internet dan sejarahnya. Apakah sobat tau internet itu apa ? Oke tanpa basa basi saya akan sedikit menjelaskan pada postingan ini.
1. Pengertian
      Internet ( Interconnection networking ) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung untuk saling bertukar data dan memberikan informasi.

2. Latar Belakang
      Ingin mengetahui dan mempelajari sejarah internet

3. Maksud dan tujuan
      Dapat mengerti sejarah suatu perkembangan internet di dunia ini hingga saat sekarang.

B. Jangka Waktu Pelaksanaan

  1 Hari

C. Penjelasan 

   Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, melalui internet kita bisa melakukan komunikasi dengan jarak yang terhingga.

   Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, lalu pada akhirnya standar yang sekarang digunakan disebut TCP/IP ( Transmission ControlProtocol).

   Tujuan awal dibentuknya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk menghindari terjadinya informasi terpusat.

   Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs aja yaitu Standford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

   Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" untuk keperluan non-militer. Gabungan kedua jaringan tersebut dikenal dengan DARPA Internet dan lalu saat ini dikenal dengan Internet.
Hingga saat ini internet semakin berkembang, bahkan telah muncul beberapa teknologi yang canggih. 

D. Kesimpulan

      Jadi pada hakikatnya internet akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, kita harus bisa menyesuaikannya.

E. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet

Semoga bermanfaat ya :)
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Post a Comment for "Pengertian dan Sejarah Internet"

'