Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Jenis-jenis Tunneling di Mikrotik

Tunneling
Assalamu'alaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan

1. Pengertian
Teknologi Tunneling merupakan teknologi yang bertugas untuk menangani dan menyediakan koneksi point to point dari sumber ke tujuannya.

2. Latar Belakang
Ingin memahami apa itu tunneling dalam jaringan.

3. Maksud dan Tujuan
Agar dapat memahami tunneling.

B. Jangka Waktu Pelaksanaan

    1 Hari

C. Pembahasan

Tunneling
Teknologi Tunneling merupakan teknologi yang bertugas untuk menangani dan menyediakan koneksi point to point dari sumber ke tujuannya. Dalam lalu lintas data via internet, teknologi tunneling merupakan hal yang lumrah digunakan. Tujuannya tentu saja agar data yang dikirimkan sampai ke tujuan tanpa terganggu oleh data lain yang dilintasinya. 

Sesuai namanya, tunneling berarti sebuah terowongan terselubung. Kenapa disebut tunnel ? karen koneksi point to point tersebut sebenarnya terbentuk dengan melewati jaringan umum, namun koneksi tersebut tidak memperdulikan paket-paket data milik orang lain yang sama-sama melintasi jaringan umum tersebut, tetapi koneksi tersebut hanya melayani transportasi data dari pembuatnya.

Tunneling adalah dasar dari VPN untuk membuat suatu jaringan private melalui jaringan internet. Tunneling juga merupakan enkapsulasi suatu protocol ke dalam paket protocol.
Jenis-jenis tunnel di mikrotik antara lain :
  • EoIP, adalah protokol mikrotik yang menciptakan sebuah terowongan Ethernet antara dua router diatas koneksi IP.
  • IPSec, adalah seperangkat protokol yang didefinisikan oleh IETF untuk mengamankan pertukaran paket melalui jaringan IP/IPv6 tidak dilindungi seperti internet.
  • IPIP, adalah protokol sederhana yang merangkum paket IP di IP untuk membuat tunnel antara dua router.
  • L2TP, adalah protokol terowongan yang aman untuk mengankut lalu lintas IP menggunakan PPP.
  • PPPoE, adalah protokol yang menyediakan manajemen pengguna yang luas, manajemen jaringan dan manfaat akuntansi untuk ISP dan administrator jaringan.
  • PPTP, adalah terowongan yang aman untuk mengangkut lalu lintas ip menggunakan PPP.
  • VLAN, adalah lapisan 2 metode yang memungkinkan untuk memiliki beberapa virtual Lan pada antarmuka fisik tunggal, memberikan kemampuan untuk memisahkan LAN secara efisien.
  • MPLS

D. Kesimpulan

Jadi Tunnel merupakan sebuah terowongan dalam suatu jaringan yang memungkinkan dapat mengirim data secara private namun aman.

E. Referensi

http://jawaracyber.blogspot.co.id/2014/01/jenis-tunneling-di-mikrotik.html

Semoga bermanfaat ya :)
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Post a Comment for "Pengertian dan Jenis-jenis Tunneling di Mikrotik"

'