Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Macam-macam Peralatan Jaringan - Lengkap

Tools Jaringan
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Di postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa peralatan jaringan yang umum dipakai.

A. Pendahuluan

1. Pengertian
   Peralatan Jaringan adalah peralatan yang dibutuhkan dalam suatu jaringan, jadi dengan peralatan ini kita bisa membangun sebuah jaringan.

2. Latar Belakang
    Ingin memahami peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam suatu jaringan.

3. Maksud dan Tujuan
    Dapat memahami suatu peralatan dalam jaringan,

B. Jangka Waktu Pelaksanaan

     1 Hari

C. Pembahasan

    Peralatan Jaringan adalah peralatan yang dibutuhkan dalam suatu jaringan, jadi dengan peralatan ini kita bisa membangun sebuah jaringan.

Berikut adalah beberapa peralatan jaringan :

  • MODEM
Modem
   Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa ( carrier ) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
  • HUB dan SWITCH
A. HUB
HUB
   Hub merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual beroperasi pada layer 1 (Physical Layer).Cara kerja alat ini adalah dengan cara mengirimkan sinyal paket data ke seluruh port pada hub sehingga paket data tersebut diterima oleh seluruh computer yang berhubungan dengan hub tersebut kecuali computer yang mengirimkan.

 B. SWITCH
Switch
    Switch merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual berada pada layer 2 (Datalink Layer) dan ada yang layer 3 (Network Layer). Maksudnya, switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC (Network Interface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima.
  • NIC ( Network Interface Card)
NIC
   NIC (network interface card) adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan.
Ada beberapa macam NIC yang sering digunkan dalam jaringan :
• Kartu Token Ring
Digunakan untuk protokol jaringan yang dibangun oleh IBM yang mana komputer mengakses jaringan melalui token passing. Topologi yang digunakan biasanya adalah star-wired-ring.
• Kartu Local Talk
Digunakan untuk protokol yang dimiliki oleh apple corporation yang menggunakan skema media akses CSMA?CA dan mendukung transmisi data pada kecepatan 230 Kbps.
• Kartu Ethernet
Digunakan untuk suatu protokol jaringan ethernet yang diciptakan pertama kali oleh xerox corporation dan sibangun bersama oleh xerox, intel dan digital equipment corporation. Jaringan ethernet menggunakan CSMA/CD dan bekerja pada beberapa tipe kabel yang sangat tergantung pada jenis jaringannya.
• Kartu WLAN
Digunkan dalam jaringan WLAN yang sekarang mulai banyak digunakan. Kartu WLAN dilengkapi dengan antena yang digunakan untuk memancarkan dan menerima data sebagai pengganti media kabel.
Dari beberapa macam jenis NIC tersebut kartu ethernet paling banyak penggunaannya dalam penyusunan jaringan.
  • WAP (Wireless Access Point)
WAP
    Adalah peralatan yang berfungsi sebagai pusat kominikasi data dalam jaringan WLAN (Wireless LAN). Dalam mode operasi yang umum digunakan (Infrastrucrure mode), semua server wireless berkomunikasi dengan workstation atau dengan server lain melalui WAP. Dalam pengoperasian WAP berfungsi seperti switch atau hub pada jaringan yang menggunakan media transmisi kabel. Dalam jaringan WLAn juga dimungkinkan untuk melakukan hubungan antar peralatan tanpa melaui WAP asalkan kartu WLAN pada masing masing peralatan dikonfigurasi menggunakan mode ad-hoc. Pada mode ini hanya dapat dilakukan komunikasi antar tiga peralatan jaringan.
  • Bridge
Bridge
     Merupakan alata yang berfungsi membagi sebuah jaringan besar menjadi dua jaringan yang lebih kecil, sehingga menjadi jaringan yang lebih efisien. Bridge dapat memonitor lalu lintas informasi pada kedua jaringan sedemikian, sehingga paket informasi dapat dilewatkan pada lokasi yang benar. Bridge dapat memeriksa pesan dari kedua jaringan dan jika perlu memancarkannya (broadcast) ke jaringan yang lain. Bridge dapat digunakan untuk menghubungkan dua tipe pengkabelan atau tipe topologi jaringan yang berbeda asalkan dua jaringan tersebut memiliki protokol yang sama.
  • Repeater
Repeater
     Adalah alat yang dapat menguatkan (boost) isyarat jaringan yang melintasinya. Repeater melakukan penguatan dengan cara memperbaiki secara elektrik isyarat yang diterima yang terpisah atau menjadi satu dengan konsentrator. Repeater digunakan apabila jarak tempuh isyarat yang melalui kabel melebihi jarak tempuh standar kabel yang digunakan. Untuk kabel UTP memiliki jarak jangkauan kira kira mencapai 100 meter dan kabel koaksial RG-58 memiliki jarak jangkauan kira kira mencapai 185 meter.
  • Router
Router
     Adalah sebuah alat yang berfungsi mengubah informasi dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Router akan memilih jalur terbaik untuk melewatkan suatu pesan berdasarkan pada alamat tujuan dan alamat asal. Router dapat mengarahkan lalu lintas data untuk mencegah terhadinya colision dan cukup pintar untuk mengetahui kapan untuk mengarahkan lalu lintas sepanjang jalur utama dan jalur alternatif.

D. Kesimpulan

    Peralatan di atas merupakan peralatan yang harus ada dalam sebuah jaringan, karena setiap alagt tersebut memiliki peranannya sendiri.

E. Referensi

http://nasahaki-komputer.blogspot.co.id/2012/09/peralatan-jaringan.html

Semoga Bermanfaat yak :v
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Post a Comment for "Pengertian dan Macam-macam Peralatan Jaringan - Lengkap"

'